Breaking News

Sunday, February 6, 2011

Upgrade Interface IDE

Jika Anda berhenti dengan interface ATA-33, ATA-66. atau ATA-100 yang lebih lambat pada sistem board, dan ingin meningkatkan sistem dengan drive ATA-133, kita dapat menonaktifkan interface yang sudah ada dan mengisntal interface board IDE yang baru (terhubung ke drive dengan sangat cepat dengan kabel baru 80-wire).

Promise Technology (http://www.promise.com) menawarkan dua pergantian adapter Ultra ATA, yaitu ultra100 TX2 dan Ultra133 TX2. Adapter ini hanya dapat meningkatkan performa sistem dengan PCI bus 66 MHz, sehingga upgrade tidaknlah efektif untuk user pentium I dan beberapa sistem board Pentium II yang mempunyai kecepatan PCI hanya 33 MHz.

Untuk meng-upgrade sistem dengan IDE card yang lebih cepat, ikuti langkah berikut.
  1. Ikuti instruksi dari manufaktur card tersebut, pasang card pada slot di motherboard, kemudian instal drivernya.
  2. Pasang hard drive, kabel IDE dan power.
  3. Hidupkan PC, verifikasi bahwa ada interface drive baru dan kenali driver yang ada untuk digunakan.
  4. Jika hanya ingin menggunakna drive baru hanya untuk data, lakukan partisi dan format drive menggunakan tool Disk Management dari sistem operasi atau utility pihak ketiga. Jika ingin menjalankan sistem operasi dari drive baru tersebut, ikuti cara berikut.
  • Untuk menigkatkan mutu dari sistem operasi, program aplikasi, dan data gunakan program untuk cloning disk, seperti Ghost dari Symantec, untuk mengcopy drive lama ke drive baru.
  • Setelah cloning selesai, matikan komputer. Kemudian lepaskan drive lama, kecuali jika ingin menggunakan sebagai drive data tambahan. Jika melepaskan atau memindahkan drive lama, restart komputer dan masuklah kedalam menu sistem BIOS untuk memilih drive yang ingin dipakai sebagai boot pertama, jika drive lama sebagai drive cadangan, Anda dapat menghapus semua data yang ada didalamnya atau mem-format kembali drive tersebut.

Source : Panduan Lengkap hacking PC - Rahmat Putra

No comments:

Post a Comment

Designed By