Breaking News

Thursday, February 3, 2011

Hacking Performa Disk Drive

Performa disk terukur dalam byte yang telah ditransfer perdetik, dapat diukur dengan menggunakan program, seperti Sandra dari SiSoft (http://www.sissoftware.net). Program seperti itu dapat mengatakan kepada anda tentang kemampuan dari sistem board, dan disk drive dapat anda tentukan jika performa yang dibuat sesuai dengan spesifikasinya.

Berikut ini adalah daftar yang mengungkapkan kemampuan setiap tipe interface disk drive yang mungkiin anda perlukan. Dengan program benchmarking, anda dapat mengatakan tipe pergantian yang dapat dibuat untuk meningkatkan seluruh performa disk drive.
 
ATA
Menggunakan I/O Mode 1 (PIO-1) yang telah diprogram untuk memaksimalkan transfer data 4 Megabyte per detik (Mbps-Mega byte per second). Mode PIO memerlukan perhatian tetap oleh CPU untuk menangani transfer data pada operasi program dan transaksi I/O.
 
ATA-2 (aka ATA-16)
Menggunakan DMA-2 untuk memaksimalkan transfer data dengan rate 16Mbps. DMA berbeda dengan PIO di dalam CPU yang membuka secara langsung memori ke channel komunikasi device I/O (untuk membiarkan data mengalir bebas tanpa intervensi CPU)., sehingga I/O dan operasi program dapat berlanjut pada waktu yang sama.

ATA-3 (aka ATA-16)
Menggunakan DMA-2 untuk memaksimalkan transfer data dengan rate 16Mbps, device ATA-3 adalah device ATA-2 dengan menambahkan teknologi pendiagnosa internal drive S.M.A.R.T. untuk memprediksi kerusakan drive.

ATA/ATAPI-4 (aka ATA-33, DMA-33, atau UDMA-33)
Menggunakan UDMA-2 untuk memaksimalkan transfer data dengan rate 33 Mbps.

ATA/ATAPI-5 (aka ATA-66, DMA-66, atau UDMA-66)
Seri pertama dari device dengan peningkatan performa mode DMA yang signifikan. Mengguakan UDMA-4 untuk memaksimalkan transfer data dengan rate 44 atau 66 Mbps, memerlukan kabel 88 untuk mencapai performa maksimal.

ATA/ATAPI-5 (aka ATA-100 atau UDMA-100)
Ini adalah update ke ATA-5 untuk menambahkan kemampuan sampai 100Mbps dengan menggunakan metode I/O UDMA-5.

ATA/ATAPI-5 (aka ATA-133 atau UDMA-133)
Ini adalah update ke ATA-5 untuk menambahkan kemampuan sampai 133 Mbps dengan menggunakan metode I/O UDMA-5.
 
DMA (Direct Memory Access) adalah fitur yang memperbolehkan I/O device dan memori untuk berinteraksi langsung, dan untuk mempercepat transfer data tanpa CPU. DMA mentransfer data secara berkala dan membiarkan pengontrol kembali ke CPU untuk menangani operasi program lain.

Seperti yang anda lihat pada daftar diatas, DMA diperlukan untuk mencapai performa setinggi mungkin, tetapi model transfer ini bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi performa drive.

Ada tiga faktor lain tentang hard drive itu sendiri untuk dipertimbangkan, yaitu kecepatan rotasi, waktu, dan chace pada disk.
Source : Panduan Lengkap Hacking PC - Rahmat Putra


No comments:

Post a Comment

Designed By